Archive | February 2013

Trias UKS

Trias UKS

1. Pendidikan Kesehatan ( Health Education )

Penyelanggaraan pendidikan kesehatan yang meliputi  aspek :

  • Meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan untuk berperilaku hidup sehat
  • Penanaman perilaku/ kebiasaan hidup sehat  dan daya tangkal terhadap pengaruh buruk dari luar.

Upaya :

  • Mendatangkan tim penyuluh kesehatan dari DKK/ Puskesmas ke sekolah bagi guru / karyawan dan siswa, mengintegrasikan mapel  dengan  materi  kesehatan, mengoptimalkan mapel  Penjasorkes dalam penanaman  perilaku hidup sehat, menyiapkan media kesehatan  seperti poster, Leaflet. Medi KIE

2. Pelayanan Kesehatan di Sekolah ( Health Services in School )
Continue reading

Kerajinan Keramik Kelampok

 photo Keramik_zps166f12b0.png

Pusat dari Kerajinan Keramik berada di desa Klampok, Kecamatan Purwareja Klampok, sebelah timur Kecamatan Susukan. Daerah Purwareja Klampok memang sejak dahulu telah dikenal sebagai sentra produksi keramik yang berkualitas. Dibandingkan jenis keramik lainnya, keramik Klampok memiliki daya tahan yang lebih tinggi atau tidak mudah rapuh karena para pengrajinnya menggunakan bahan baku tanah liat dengan kualitas yang baik. Motif-motifnya pun cukup beragam dan indah, bahkan karena keindahan dan keunikannya. Kerajinan keramik Klampok tidak hanya dikenal di dalam negeri, bahkan sampai ke luar negeri. Industri Keramik ini memiliki sejarah panjang sebelum akhirnya dikenal luas.

SMPN 2 Banjarnegar Sekolah Konservasi

 photo IMG_1662_zps1de22eb9.jpg

Apa itu Sekolah Konservasi? Untungnya kami masih sempat mewawancarai beliau saat beliau menyempatkan waktu mengunjungi ESPHERO, sekolah kita tercinta.

Menurut Pak Haryono yang biasa dipanggil Pak Har, sekolah Konservasi mempunyai banyak pengertian. Yang pertama yaitu “Melestarikan”. Yang dimaksud melestarikan disini adalah melestarikan lingkungan, dengan menanam tanaman.

Continue reading

Pemenang Green School Award 2012

 

Pada bulan Maret 2012 SMPN 2 BANJARNEGARA mengikuti lomba Green School yang diadakan oleh UNNES dalam rangka UNNES GREEN SCHOOL AWARD 2012. Berkat bimbingan dari Bp.Haryono, S.Pd sekolah kita mendapatkan peringkat 2 tingkat SMP/sederajat se-Jawa Tengah. Sebagai bukti penghargaan, UNNES memberikan Sertifikat kepada SMPN 2 Banjarnegara yang dikeluarkan di Semarang, 28 Maret 2012 oleh Bp.Sudijono Sastromodjo. Penghargaan ini diperoleh berkat perjuangan seluruh warga  SMPN 2 Banjarnegara yang ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan lomba. Kini SMPN 2 Banjarnegara telah menjadi sekolah Green School yang hijau, bersih, dan nyaman.