Archive | March 2013

Sejarah Banjarnegara

Sejarah

Dalam perang Diponegoro, R.Tumenggung Dipoyudo IV berjasa kepada pemerintah mataram, sehingga di usulkan oleh Sri Susuhunan Pakubuwono VII untuk di tetapkan menjadi bupati banjar berdasarkan Resolutie Governeor General Buitenzorg tanggal 22 agustus 1831 nomor I, untuk mengisi jabatan Bupati Banjar yang telah dihapus setatusnya yang berkedudukan di Banjarmangu dan dikenal dengan Banjarwatulembu. Usul tersebut disetujui. Baca selengkapnya

ini Juara Voli Putri Karisidenan

 photo voli_zpsa3c0ec4e.jpg

POPDA tahun 2013, SMP N 2 Banjarnegara mendapatkan beberapa kejuaran salah satunya adalah perlombaan Bola Voli. Team bola voli SMP N 2 Banjarnegara yang beranggotakan Isna Meijayanti, Silvya Shinta Maestri, Metrizka Aulia Pradisty, Fela Mutia Ayu Kusuma Dewi, Nova Aninda Sri Wahana A, Alfaizah Fitrianingrum B J, Salma Sabila, Annisa Rakhmawati, Resa Putri Sherina, Hani Hastika Rakhmatiyana, Prastiyana Rahayu, Istiqlal Nur Arifah, Lembayung Asmarani dan di bimbing oleh Bapak Sumaryadi dan Bapak Cahyo ini meraih juara satu pada tingkat, Kabupaten dan Karsidenan dan akan maju ke provinsi . Untuk meraih kemenangan hingga tingkat karsidenan, tentu membutuhkan persiapan dan usaha yang matang. Bagaimana persiapan dan usaha yang mereka lakukan? Persiapan dan usaha yang mereka lakukan dengan terus berlatih, motivasi dan tentunya selalu berdo’a.

                Pada tanggal 20-21 maret 2013 . lomba tingkat kabupaten dilaksanakan di Kabupaten Banjarnegara. Dukungan dari teman-teman selalu mengalir, hingga pada akhirnya mereka berhasil meraih juara satu tingkat kabupaten dengan mengalahkan SMP N 1 Purwonegoro pada babak final. Langkah mereka tidak berhenti hanya sampai situ saja, langkah mereka berlanjut hingga tingkat karsidenan.
                Lomba bola voli tingkat karsidenan yang diselenggarakan di stadion Guntur Darjono, Purbalingga pada tanggal 02 April 2013 yang di ikuti oleh beberapa kabupaten  sekarsidenan Banyumas. Dan Kabupaten Banjarnegara di wakili oleh team bola voli dari SMP N 2 Banjarnegara, mereka masuk ke babak final dengan melawan kabupaten Banyumas dan pada akhirnya mereka kembali meraih juara satu tingkat karsidenan. Usaha mereka untuk maju ke tingkat yang lebih tinggi membuahkan hasil yang memuaskan.
                Setelah meraih juara satu pada tingkat kabupaten dan karsidenan, pada tanggal 06 Mei 2013 team bola voli SMP N 2 Banjarnegara mewakili kabupaten Banjarnegara dan karsidenan Banyumas ke tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kini mereka terus melakukan persiapan dengan berlatih dan terus berlatih, untuk meraih hasil yang maksimal. Kita do’akan saja semoga team bola voli dari SMP N 2 Banjarnegara dapat kembali meraih juara satu di tingkat Provinsi, sehingga dapat melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi. Semangat untuk team bola voli SMP N 2 Banjarnegara….!!!!

PEMBUATAN PUPUK ORGANIK

Pupuk adalah zat hara yang ditambahkan pada tumbuhan agar berkembang dengan baik sesuai genetis dan potensi produksinya. Pupuk dapat dibuat dari bahan organik ataupun non-organik (sintetis). Pupuk organik bisa dibuat dalam bermacam-macam bentuk meliputi cair, curah, tablet, pelet, briket, atau granul. Pupuk organik lebih baik bagi tanaman dari pada pupuk anorganik yang menggunakan bahan-bahan kimia. Dengan demikian SMP Negeri 2 Banjarnegara melakukan kegiatan pembuatan pupuk organik. Baca Selengkapnya

Sumur Resapan dan lubang Resapan Biopori ESPHERO

Kegiatan pembuatan sumur resapan dan lubang resapan biopori dilakukan siswa siswi SMP Negeri  2 Banjarnegara berjumlah 16 orang. Lubang resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertical kedalam tanah dengan diameter 20 cm dan kedalaman 100 cm. Sedangkan sumur resapan adalah salah satu rekayasa teknik konservasi air berupa bangunan yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk sumur gali dengan kedalaman tertentu yang berfungsi sebagai tempat menampung air hujan yang jatuh di atas atap rumah atau daerah kedap air dan meresapkannya ke dalam tanah. Keduanya memiliki tujuan yang berbeda-beda antara lain sebagai berikut :

Tujuan sumur resapan adalah Baca Selengkapnya

PENANAMAN TUMBUHAN LANGKA

 photo penanamantanamanalangka_zps8f439401.jpg

Keberhasilan SMP Negeri 2 manjadi juara GSA (Green School Award Tahun 2012) dari Universitas Negeri Semarang memberikan inspirasi tersendiri bagi program sekolah. Inspirasi tersebut adalah dengan dideklarasikannya SMP Negeri 2 Banjarnegara sebagai sekolah konservasi Baca Selengkapnya

Kunjungan ke Dieng

 photo IMG_1825_zps216aa162.jpg

Kegiatan Outdoor Activity tahun ini dilakasanakan di Dieng Plateu. Outdoor Activity tahun ini berbeda dengan sebelumnya, karena outdoor sekarang lebih bersifat kunjungan ilmiah, dan mengenali potensi yang ada di daerah sekitar.

Outdoor ke Dieng diikuti oleh sekitar 192 siswa, dan beberapa guru. Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 4 Maret 2013. Continue reading