Kunjungan ke Dieng

 photo IMG_1825_zps216aa162.jpg

Kegiatan Outdoor Activity tahun ini dilakasanakan di Dieng Plateu. Outdoor Activity tahun ini berbeda dengan sebelumnya, karena outdoor sekarang lebih bersifat kunjungan ilmiah, dan mengenali potensi yang ada di daerah sekitar.

Outdoor ke Dieng diikuti oleh sekitar 192 siswa, dan beberapa guru. Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 4 Maret 2013. Keberangkatan dilaksanakan pukul 07.30 dan tiba di tempat tujuan pukul 10.00. Kunjungan pertama yaitu PT. Geo Dipa Energi. Sebelum pengamatan, diadakan upacara pembukaan dan pengarahan yang dipimpin oleh Bpk. Doko Harwanto selaku kepala sekolah, sedangkan dari pihak PT. Geo Dipa Energi diwakili dari bagian Humas. Setelah pengarahan, siswa diajak berkeliling mengamati sumur yang digunakan untuk eksplorasi panas bumi. Di sana dijelaskan proses eksplorasi panas bumi hingga menjadi tenaga listriki. Prosesnya dari sumur lalu ke tabung pemisah uap dan air. Di dalam tabung pemisah atau separator uap dan air dipisahkan, uap menuju turbin unutk dijalankan ke generator dan generator menghasilkan listrik. Sedangkan air yang sudah dipisah tadi di olah dan di tampung di kolam. Sumur yang ada di PT. Geo Dipa Energi memiliki kedalaman yang berbeda-beda kira-kira dari 1500 m sampai 3000 m.

Kunjungan selanjutnya menuju Kompleks Candi Arjuna. Di Dieng terdapat berbagai candi, diantaranya Candi Arjuna, Srikandhi, Puntadewa, Bima dan Dwarawati lain-lain. Lalu objek selanjutnya adalah Museum Kaliasa. Di dalam museum terdapat berbagai macam arca, prasasti peninggalan budaya Hindu dan kesenian serta keadaan penduduk yang ada di kawasan Dieng. Di sana juga ada sebuah film yang menceritakan keadaan Dieng.

Objek selanjutnya mengunjungi Teater Dieng. Di dalam film kami melihat kenampakan alam yang ada di alam Dieng dan diperlihatkan peristiwa yang dulu dialami daerah Dieng, seperti kejadian di Kawah Sinila yang meletus dan mengeluarkan racun yang membuat gempa dan warga sekitar meninggal kurang lebih 150 orang. Setelah melihat film, kami beranjak menuruni tangga dan sampai di kawasan Telaga Warna. Di Telaga warna suasana sangat sepi karena hari menjelang sore. Setelah berkeliling telaga, rombongan pergi ke tempat oleh-oleh khas Dieng. Di sana terdapat berbagai macam olahan makanan khas Dieng, seperti manisan carica, keripik jamur, buah, kentang, dan lain-lain.

Akhirnya sekitar pukul 05.00 rombongan pulang ke Banjarnegara. Perjalanan sangat melelahkan dan menguras banyak tenaga, tetapi perjalanan ini sangat menyenangkan, karena banyak ilmu pengetahuan yang baru yang belum pernah di ketahui dari Dieng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *