Esphero, Apa ya??? (Feature)

Sebuah nama yang tak asing bagi warga Banjarnegara, terutama yang berada di arah Barat pusat kota Banjarnegara, bahkan nama ini cukup termasyhur hingga ke kabupaten tetangga. Sebenarnya esphero ini apa sih? Dan kenapa nama ini bahkan di kenal oleh tetangga kota pensiunan ini? Yuk mari sejenak kita ikuti kilasan mengenai nama ini.

Esphero merupakan sebuah akronim untuk kalimat esempe loro atau dalam bahasa Indonesia menjadi SMP 2. Nah kalau SMP 2 maka logikanya akan banyak SMP 2 dalam sebuah kabupaten, apalagi dengan kabupaten yang menamakan nama sekolahnya berdasarkan kecamatan sekolah tersebut berada seperti di Banjarnegara ini. Tapi mengapa ketika mengatakan esphero hamper semua orang akan mengetahui SMP yang mereka maksud adalah SMP Negeri 2 Banjarnegara ini?

Jawabnya mari kita beranjak kepada kilasan berikutnya. Sekolah ini terletak di pinggir jalan raya utama penghubung kota bahkan jalan utama penghubung provinsi, persis berada di pinggir jalan tak membuat sekolah ini menjadi sekolah yang mepet-mepet penuh dengan bangunan, namun dari gerbang utama begitu membelokkan kaki dari arah jalan raya kita akan disambut oleh kehijauan yang disajikan, tak hanya warna hijau  bangunan sekolah yang sudah berdiri  sejak tahun 1976 ini, melainkan nuansa yang tercipta dari adanya hutan mini esphero sendiri. Di kanan-kiri sepanjang jalan menuju gerbang sekolah kehijauan tercipta dari bersihnya rerumputan, pohon-pohon besar menjulang dari jati hingga cantiknya pinus yang tertata rapi. Beranjak memasuki gerbang sekolah akan langsung disuguhi deretan gedung berderet berwarna hijau yang merupakan bangunan utama aktivitas belajar mengajar, namun yang menarik sebelum memasuki bagian gedungnya kita akan sejenak dibawa kepada suasana pegunungan, berderet tanaman sayur dan buah tertata rapi dalam polibag-polibag yang menggoda siapa pun yang melewati untuk memetiknya. Sambutan ramah Bapak-Ibu petugas Tata Usaha dan bahkan mungkin Kepala Sekolah akan melegakan siapa pun yang berkepentingan di sini. Tak hanya di luar, begitu memasuki bagian utama sekolah ini maka akan disuguhkan pemandangan nan asri, dari koridor-koridor yang di hiasi cantiknya tanaman-tanaman hias, taman-taman yang dipenuhi bunga dan pohon-pohon besar, juga variasi berbagai macam sayur-sayuran berbagai macam jenis dan ukuran. Sebuah pemandangan sejuk bagi siapa saja yang memasuki area lingkungan ini. dan pemandangan ini tidak bisa ditemui disemua sekolah yang ada di Banjarnegara. Sebelum ditetapkan sebagai green school sekolah ini telah terlebih dahulu membenahi dirinya dan menghijaukan lingkungan. Ini merupakan wujud dari kesadaran bersama akan lingkungan sekitar, dan betapa pentingnya ruang terbuka di tempat-tempat fasilitas umum, dan utamanya fasilitas pendidikan seperti di esphero ini. (Al Khansa 210415)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *