Kepala Sekolah

doko3

Sebelum ditugaskan di Esphero, Bapak Doko sempat mengajar di SMK Panca Bhakti Banjarnegara,  SMP Negeri 1 Karangmoncol-Purbalingga, SMP Negeri 2 Wanadadi, dan juga sebagai Kepala Sekolah di SMP Negeri 1 Pejawaran-Banjarnegara. Kesan pertama beliau begitu mendapatkan tugas di SMP Negeri 2 Banjarnegara adalah sangat  terkejut dan juga senang karena tidak menyangka langsung ditempatkan di salah satu SMP favorit di Banjarnegara. Beliau amat bersyukur karena sekarang jarak yang harus beliau tempuh untuk mencapai tempat beliau bertugas tidak terlalu jauh, tak seperti tempat tugas beliau sebelumnya di Pejawaran, beliau harus menempuh perjalanan jauh dengan waktu yang dibutuhkan ± 70 menit untuk sampai ke sana.

Program kerja Bapak Doko kedepan secara garis besar, beliau akan memantapkan dan meningkatkan jati diri esphero sebagai Sekolah Sehat Nasional, Sekolah Hijau, Sekolah Konservasi dan Sekolah Peduli Lingkungan yang berbasis religius, disiplin dan berkarakter, kemudian meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik esphero hingga dapat menembus prestasi terbaik di kabupaten, provinsi dan nasional, melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran secara optimal sehingga siswa dapat belajar secara nyaman di lingkungan yang kondusif. Beliau juga ingin menjadikan esphero sebagai sekolah pilihan utama bagi masyarakat Banjarnegara dan sekitarnya.

Bapak Doko juga sangat mendukung esphero sebagai sekolah konservasi. Beliau mengatakan bahwa program ini merupakan program yang sangat bagus dan mulia, karena program ini dapat menjadi salah satu peran serta sekolah secara nyata terhadap usaha meminimalkan pengaruh negatif dari kerusakan alam akibat ulah manusia yang berlebihan, serta salah satu upaya menjaga kelestarian alam. Bagi beliau, program ini juga sangat unik dan bernilai jual tinggi karena esphero merupakan satu-satunya sekolah di Banjarnegara yang berani mengawali/mencanangkan program program sekolah konservasi secara nyata di Banjarnegara.

Menindaklanjuti keberadaan esphero sebagai sekolah konservasi dan green school dari waktu ke waktu esphero senantiasa berbenah. Hal ini terbukti dengan lolosnya esphero pada sekolah adiwiyata pada tingkat provinsi dan bersiap untuk melanjutkan maju ke tingkat nasional pada bulan Juli-Agustus 2015 ini. Doa dan harapan untuk dapat terus menjalankan program ini, sehingga “Sekolah Adiwiyata” bukan hanya sekedar nama, melainkan bentuk nyata dari program yang senantiasa berusaha dijalankan ini. (ed_AK)

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *