Sekolahnya Baradek dan Barata…

Pagi baru saja menjelang, ketika waktu menunjukkan pukul 06.30 di depan gerbang sekolah yang kokoh telah berdiri dua-tiga Bapak-Ibu guru tersenyum dengan khasnya bersiap menyambut kedatangan putra-putri terbaiknya yang bersemangat untuk mengenyam ilmu di sini, ketika waktu bergulir-mereka satu-satu turun dari kendaraan umum yang membawa mereka ke sekolah dari berbagai penjuru baik yang jauh maupun yang dekat, mereka memiliki tekad yang sama yaitu menuntut ilmu dengan baik di sini, berjalan perlahan dan kemudian berbaris, tersenyum, bersalaman, sejenak bel tanda masuk berbunyi, tak lama kemudian terdengar gema ayat suci yang menggetarkan, selanjutnya terlihat  kesemangatan langkah-langkah kaki bapak-ibu guru untuk menebar ilmu menuju kelas-kelas, keceriaan dan kesemangatan dalam proses pembelajaran terasa memenuhi hawa sekolah ini, pun tak jarang sayup terdengar nyanyian dari para siswa di kelas seni, atau senyapnya kelas yang tengah memperhatikan dengan seksama penjelasan Bapak atau Ibu guru  yang tengah menerangkan, kemudian berselang dengan berjalannya waktu dan ketika pintu-pintu kelas terbuka, lantas anak-anak berlarian menuju kantin kemudian memilih dan memilah mana yang ingin dinikmati dan selanjutnya berbaris rapi membayar serta mengambil kembalian sendiri di kantin kejujuran, dentingan bel berbunyi dan anak-anak kembali memasuki kelasnya, dengan hikmat kembali ke dalam kelasnya masing-masing melanjutkan pembelajaran hingga dentingan bel pulang berbunyi.

Begitulah kira-kira aktivitas keseharian yang dilalui oleh anak-anak di sekolah ini. Sekolah siapa ini? ini adalah sekolahnya para Baradek dan Barata siswa-siswi terbaik yang dititipkan oleh orang tua mereka untuk mengenyam pendidikan di sekolah menengah pertama, SMP Negeri 2 Banjarnegara. Apakah itu Baradek dan Barata? Ini adalah salah satu keistimewaan dari sekolah ini,  dan di Banjanegara hal tersebut hanya dapat ditemui di sekolah ini. Sekolah yang terkenal akan kedisiplinannya ini memiliki sebutan yang unik bagi putra-putri terbaik yang belajar di sini.  Baradek adalah sebutan bagi siswa putra SMP Negeri 2 Banjarnegara yang memiliki ciri berambut cepak model bros, atau dengan kata lain Baradek adalah akronim dari Barisan Rambut Pendek. Sedangkan Barata adalah sebutan bagi siswi SMP Negeri 2 Banjarnegara yang dari jaman dulu juga mempunyai ciri khas tiada duanya, yaitu berkucir dua dan berpita, pita biru untuk hari Senin hingga Kamis, dan pita putih untuk hari Jumat dan Sabtu. Maka Barata ini adalah akronim dari Barisan Rambut Berpita.

Bukan tanpa sebab aturan ini berlaku tegas bagi siswa-siswi yang memasuki sekolah ini. Dua hal ini adalah salah satu upaya untuk mendisiplinkan anak dan membuat anak fokus pada proses belajar mengajar, bukan pada dandanan apa yang akan mereka gunakan pada hari itu, atau model rambut apa yang tengah in  saat itu. Selain model rambut, sekolah ini juga mewajibkan siswa-siswinya menggunakan sepatu dan kaos kaki yang sama, pun batasan cara memakainya. Semua sama, pun memiliki tujuan yang sama. Itulah kiranya gambaran yang ingin tercipta dari sekolah ini, tidak membedakan dari keluarga mana, berasal dari daerah mana, atau pun kondisi ekonomi seperti apa. Semua yang masuk ke dalam sekolah ini maka akan diperlakukan sama dan mematuhi semua aturan dengan tertib tanpa terkecuali.

Nah dengan aktivitas keseharian para baradek dan barata tersebut apakah mereka merasa bosan? Seorang-dua orang anak yang kemudian disodorkan pertanyaan tersebut menjawab dengan senyum malu-malu dan kemudian menggangguk, tentu hal tersebut merupakan bentuk kejujuran yang perlu diapresiasi. Kemudian yang lain menjawab: “tidak!” dengan tegasnya-mereka yang berkata tidak beralasan bahwa dengan mereka berangkat sekolah, mereka  bisa bertemu teman-teman dan belajar bersama, begitu pula bagi mereka yang memiliki bakat dibidang non-akademik, untuk mereka SMP Negeri 2 Banjarnegara adalah sekolah yang tepat untuk mengembangkan bakat mereka, di sekolah ini bidang-bidang non-akademik mendapatkan tempat yang seimbang dengan bidang akademik sehingga mereka mampu dengan bebas mengembangkan bakat-bakat yang dimilikinya.

Begitulah gambaran sederhana dari aktifitas anak-anak di sekolah ini. sekolah yang mendapatkan julukan sebagai green school ini memiliki aktifitas yang cukup beragam, tidak hanya bagi siswa namun juga bagi guru. Pengembangan diri bagi siswa meliputi kegiatan akademik dan non akademik. Kegiatan akademik selain proses belajar mengajar di kelas, terdapat pula proses praktik lapangan seperti menanam, merawat sayur dan bunga, berbagai macam bentuk praktik pertanian, serta penelitian di laboratorium IPA, bahasa, dan komputer. Di bidang non akademik, setiap sore hari menjelang SMP Negeri 2 Banjarnegara akan dipenuhi dengan berbagai macam aktifitas anak-anak. Mulai dari karate, pecak silat, musik, jurnalistik, basket, badminton, PMR, drum band, dan juga voli. Sedangkan bagi Bapak-Ibu guru di SMP ini mereka juga dituntut untuk mengembangkan diri sesuai dengan bakat atau pun spesialisasinya, maka tak jarang selain mereka aktif mengajar di kelas kita akan bisa menjumpainya di pekarangan-pekarangan sekolah tengah berkebun merawat berbagai macam tanaman, atau yang lain mungkin tengah membuat eksperimen dengan berbagai metode mengajar yang tepat bagi siswa, atau yang lain mengembangkan bidang tulis menulis, atau pun penelitian.

Itulah aktivitas di sekolahnya para Baradek dan Barata ini. sekolah dengan segala kelebihan dan kekurangannya, yang tak mau menyerah dengan apa yang sudah dimiliki namun senantiasa berusaha untuk berinovasi untuk pendidikan yang lebih baik…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *