Training Motivasi Siswa ESPHERO

Sabtu, 5 April 2013. SMP Negeri 2 Banjarnegara atau yang terkenal dengan nama ESPHERO, mengaadakan Training Motivasi dan Muhasabah. Acara ini dipandu oleh Ust. Maksum (Dosen UNSIQ Wonosobo), dan dihadiri oleh seluruh peserta didik kelas 9.

Tujuan acara ini adalah mengarahkan pada mental siswa agar lebih menguatkan  daya juang  mereka untuk berhasil. Memberi pemahaman yang mengakar  mengapa mereka harus lulus ujian nasional? Mengapa mereka harus belajar keras untuk melawan kemalasan? Dan untuk siapa sebenarnya keberhasilan yang merekaperjuangkan itu?

Dengan membuka pola pikir ( mindset ) terhadap keharusan untuk berjuangmencapai kelulusan melalui niat  serta cara  yang benar, maka akan mengubah rasa takuttersebut menjadi sebuah internal motivation  untuk menghadapinya. Tidak mundur untukmenghindarinya tetapi terus maju dalam menggapai cita-cita.

Namun demikian, tidak cukup mental saja yang perlu dibenahi. Faktamenunjukkan bahwa banyak siswa yang sudah mempersiapkan ujian dengan matang,bahkan tergolong brillian di kelasnya tetapi masih dihantui rasa takut, cemas, dan was-was. Ada juga yang terjebak ’virus sombong’ sehingga mengabaikan kekuasaan Tuhan sebagai penentu kelulusan.

Hal ini membutuhkan sentuhan spiritual  agar siswa-siswi mampu memasrahkansegala persiapan yang dilakukan kepada Allah SWT yang memberi ketenangan. Di sinidi butuhkan cara-cara agar Allah SWT berkenan memberikan ketenangan itu pada dirisetiap individu. Target utamanya adalah bagaimana setiap siswa mampumemprogramkan ibadah harian rutin yang dilakukan menjelang ujian nasional. Sehingga dengan bersandar penuh pada yang Maha Kuasa akan memudahkan turunnyapertolongan saat menjawab soal-soal ujian nanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *